Friday, August 7, 2015

Gili Meno, Surga Tersembunyi di Pulau Lombok

Gili Meno yaitu pulau paling kecil sekalian paling sunyi di antara tiga gili di Lombok yang kerap dikunjungi wisatawan. Pantainya yang indah nyaris di semua sisi pulau serta air lautnya yang jernih jadikan banyak wisatawan yang ke Gili Meno untuk lakukan wisata serta menentramkan diri dari hiruk pikuk perkotaan. Terasa seperti liburan ke pulau pribadi lantaran pulau ini memanglah belum banyak yang mengunjunginya. Hal semacam ini lantaran Gili Meno kerap dibaikan oleh wisatawan dibanding Gili Trawangan serta Gili Air. Walau sebenarnya keindahan serta keasrian di pulau ini melebihi ke-2 pulau tetangganya itu.

gili meno lombok, pulau gili lombok, obyek wisata lombok, wisata lombok, pantai di pulau gili

Seperti pada dua gili yang lain, Gili Meno juga dikelilingi oleh pantai dengan pasir yang indah. Pantai ini dapat Anda jelajahi seputar 90 menit dengan jalan kaki. Tak ada mobil atau motor disini, hingga keheningan serta kwalitas udahnya tak perlu diragukan lagi. Bila kebetulan barang bawaan Anda cukup banyak, Anda dapat memakai cidomo (aka : dokar, gerobak yang ditarik oleh kuda) yang dapat menolong mengangkut barang bawaan Anda dari tempat bersandarnya perahu di segi timur ke penginapan Anda.

Walau sunyi, sesungguhnya Gili Meno juga ditempati oleh warga setempat tetapi cuma seputar 400 orang. Beberapa besar masyarakat tinggal di seputar jalan yang menghubungkan satu sisi pulau ke sisi yang lain.
Terkecuali kendaraan bermotor, listrik juga masih tetap sangatlah tidak sering disini. Cuma ada sebagian orang serta villa yang mempunyai generator. Biasanya masyarakat setempat masih tetap memakai lilin/obor untuk penerangan serta memakai kayu bakar untuk memasak.

Apa sajakah yang dapat dikerjakan di Gili Meno?
penangkaran kura-kura, kura-kura di gili meno, tempat pemeliharaan kura-kura, gili meno lombok, wisata ke pulau lombok, wisata lombok

Jalan-Jalan : tidak komplit wisata Anda ke Meno bila tidak jalan melingkari pulau untuk nikmati panorama serta kehidupan masyarakat setempat. Salah satu tempat yang menarik juga untuk dikunjungi yaitu danau asin yang ada di segi barat pulau.
Pantai : pantai di Gili Meno adalah pantai paling baik dari semua pantai di kepulauan Gili. Jadi janganlah terlewat untuk bermain atau sebatas nikmati pantai disini.
bird park, wisata di gili meno, gili meno lombok, obyek wisata di lombok, wisata lombok
Snorkeling : belum senang cuma dengan berkeliling serta lihat pantai saja, coba untuk bersnorkeling. Bersnorkeling di Gili Meno sangatlah mengasyikkan lantaran terkecuali air lautnya yang sangatlah jernih, Anda juga telah bisa lihat ikan bahkan juga penyu bermain-main di pantai yang cukup dangkal.
Diving : bila Anda pengagum diving, ini yaitu hal harus yang perlu Anda kerjakan di Meno. Dengan air laut yang sangatlah jernih, Anda dapat lihat terumbu karang yang masih tetap terbangun, hiu karang, serta penyu.
Taman Burung : Anda dapat juga berkunjung ke taman burung kecil yang ada di pulau untuk lihat beragam spesies burung yang indah.
Penangkaran penyu : di Gili Meno juga ada suatu penangkaran penyu hijau. Anda dapat bertandang kesana untuk melihat-lihat dan mensupport usaha restorasi yang di kerjakan di sini.


Hotel di Gili Meno
Cost akomadasi serta makanan di Gili Meno sekit lebih mahal di banding gili-gili yang lain. Seperti pulau-pulau yang lain, tempat bermalam yang murah dapat diketemukan di pedalaman serta agak jauh dari pantai. Harga hotel masih tetap dapat dinego/tawar bila Anda datang di luar musim berlibur (Juli, Agustus, serta Desember) terlebih bila Anda bakal tinggal sepanjang 1 minggu atau lebih.
Untuk akomodasi sedetailnya dapat Anda saksikan disini.

Makanan di Gili Meno
Tak ada makanan elegan di restoran di pulau ini. Tetapi di guest house serta kafe pantai sediakan ikan fresh besar yang dipanggang di daun pisang. Beberapa besar restoran juga mempunyai oven memiliki bahan bakar kayu untuk bikin pizza.

Sebagian tempat popular untuk mencari makan salah satunya :

Warung Rust : ini yaitu restoran paling populer di Gili Meno serta tempat paling baik untuk bersua dengan beberapa orang waktu pulau mulai sepi.
Warung Yaya : tempat kecil ini sangatlah popular di kelompok wisatawan lantaran harga nya yang murah untuk nasi goreng serta makanan khas Indonesia yang lain.


Kehidupan Malam
Nyaris tak ada kehidupan malam yang dapat diketemukan di Gili Meno. Tetapi Anda dapat bersua dengan beberapa orang yang tinggal di guest house Anda dengan berjalan-jalan di pesta api unggun. Umumnya orang yang tinggal disini bakal ke Gili Trawangan untuk nikmati pesta.

Sarana Keuangan
Tak ada ATM atau bank di Gili Meno, jadi Anda mesti membawa duit kontan yang cukup bila mau tinggal di sana. Dalam situasi darurat, agen diving Blue Marlin dapat umumnya dapat memberi duit muka melalu kartu credit untuk cost yang cukup besar. Bila tak, bermakna Anda mesti ke Gili Trawangan lantaran hanya satu ATM di kepualau Gili cuma ada di Trawangan.

Akomodasi ke Gili Meno
Dari Lombok : kapal ke Pulau Gili umumnya pergi sehari-hari dari Bangsal Harbor, seputar satu jam dari Senggigi. Anda mungkin saja mesti menanti cukup penumpang yang mau ke Gili Meno. Tetapi bila kebetulan belum ada kapal yang segera, baiknya Anda mengambil kapal yang ke Gili Trawangan serta bermalam di sana satu malam. Lalu Anda dapat ke Gili Meno dengan memakai speed boad besok paginya.

Dari Bali : Kapal menuju Pulau Gili pergi dari padang Bai, suatu kota pelabuhan yang berjarak seputar 90 menit dari Kuta. Atau Anda dapat mengambil kapal cepat dengan cost yang lebih mahal dari Pelabuhan Benoa, Bali Selatan.
Sedetailnya perihal transportasi di Lombok.

Saat Paling baik ke Gili Meno
Musim ramai di Gili Meno yaitu pada bln. Juli, Agustus, serta Desember. Sepanjang bulan-bulan ini, cost akomodasi serta hotel bakal bertambah mencolok serta susah untuk temukan akomodasi. Tetapi pulau ini tak pernah sesibuk diluar bulan-bulan ini. Musim hujan di Kepualaun Gili berjalan dari November sampai April.

No comments:

Post a Comment