Wednesday, July 29, 2015

Berwisata Budaya ke Desa Senaru Lombok

Untuk Anda yang pernah lakukan pendakian ke Gunung Rinjani mungkin saja telah mengetahui Desa Senaru. Salah satu desa wisata yang terdapat di Kecamatan Bayan, di Lombok Utaea ini memanglah kerap jadikan titik awal pendakian menuju Puncak Rinjani. Selain itu, banyak juga wisatawan yang berniat bertandang ke Senaru cuma nikmati indahan alamnya. Ditambah lagi, terdapat banyak tempat wisata populer di Lombok yang terdapat di Desa Senaru seperti Air Terjun Sendang Gile serta Tiu Kelep.

desa senaru lombok, obyek wisata di lombok, maksud wisata di lombok,

Air terjun Sendang Gile adalah salah satu titik perhentian untuk menuju ke puncak Rinjani. Walau sekian, Anda tak perlu cemas lantaran selama jalur ini sudah di buat trek yang tersusun dari seputar 500 anak tangga. Trek ini di buat supaya mempermudah pengunjung yang cuma mau berkunjung ke Air Terjun Sendang Gile saja. Air terjun ini cukup tinggi yakni seputar 30 mtr. dengan debet air yang deras yang nampak dari atas tebing. Tak jauh dari Sendang Gile, ada juga Air Terjun Tiu Kelep yang mempunyai ketinggian seputar 42 mtr.. Air terjun ini cukup besar serta deras dengan curahan yang bertingkat-tingkat.

Wisata Budaya di Desa Senaru
rumah kebiasaan senaru, desa wisata senaru, maksud wisata di lombok, obyek wisata di lombok

Hal yang paling menarik dari Desa Senaru sesungguhnya yaitu kehidupan orang-orangnya yang masih tetap kental dengan unsur budaya serta religi. Hal semacam ini dapat dipandang dari rumah-rumah orang-orang setempat yang terus dipertahankan bentuk aslinya, yakni cuma beralaskan tanah liat, atap rumbia, serta pagar bedek. Dengan situasi pegunungan yang sejuk serta tenang bikin siapapun yang bertandang kesini bakal rasakan suatu hal yang bereda.
mesjid bayan beleq, wisata histori di lombok, desa senaru lombok, peninggalan histori lombok,

Di Desa Senaru, pengujung dapat juga temukan Bayan Beleq, salah satu website bersejarah berbentuk masjid tua yang dibangung pada era ke-17. Masjid Bayan Beleq termasuk juga salah satu obek wisata Budaya di Lombok yang banyak dikunjungi wisatawan. Mesjid ini berdiri di suatu bukit kecil yang dikelilingi oleh sebagian makan keramat. Sama dengan rumah-rumah di Senaru, mesjid ini dapat bertapkan rumbia serta berdinding anyaman bambu dengan pondasi dari susunan batu yang agak tinggi. Hingga sekarang ini, masjid yang berusia kian lebih 300 th. ini masih tetap tertangani dengan baik serta masih tetap dipakai oleh masyarakat setempat juga sebagai tempat melaksanakan ibadah.

Tak jauh dari Bayan Beleq, ada juga rumah kebiasaan gubug Karang Bajo. Rumah ini dihuni oleh beberapa tetua (orang-orang setempat menyebutnya toak lokak), pemangku kebiasaan serta beberapa tokoh kebiasaan. Untuk Anda yang mau nikmati keindahan alam, pergilah ke Bangket Bayan. Disini Anda dapat nikmati panorama indah di areal persawahan yang membentang luas yang berdekatan dengan rimba kebiasaan.

Untuk Anda yang mau berkeliling serta mau tahu semakin banyak perihal Desa Senaru, Anda dapat menyewa guide yang tergabung dalam grup “Panorama Work”. Dengan tarif sebesar 200 ribu ruupiah, mereka bakal mengarahkan serta mengantarkan Anda untuk meilihat keindahan serta kekhasan Desa Senaru, dari Rumah Adar Senaru, Bayan Beleq, Bangket Bayan, rumah kebiasaan Karang Bajo, sampai ke Air Terjun Sendang Gile serta Tiu Kelep.

Jarak tempuh menuju Desa Senaru seputar 2, 5 hingga 3 jam perjalanan dari Kota Mataram. Bila Anda mau bermalam di sekitar Senaru, ada juga beberapapa homestay seperti Homestay Emiys Cafe. Atau bila Anda mau bermalam di Mataram, Anda dapat pilih sebagian hhotel referensi seperti Lombok Plaza Hotel, Griya Asri Hotel atad Bidadari Hotel.

No comments:

Post a Comment