Wednesday, July 29, 2015

Mengetahui Suku Sasak lebih Jauh di Dusun Sade, Rembitan

Suku Sasak adalah masyarakat asli Pulau Lombok yang populer dengan kepercayaan Wektu Telu-nya. Wektu Telu yaitu suatu keyakinan Islam dengan kombinasi unsur-unsur Hindu, Budha, serta keyakinan tradisional setempat. Walau sebagian besar masyarakat Lombok yaitu suku sasak dengan keyakinan wektu telu, ada pula sebgaian kecil orang-orang yang masih tetap mempunyai keyakinan anmisme-buddhisme yang dimaksud Bodha.

Desa sasak yang paling tua di Lombok yaitu Desa Bayan yang terdapat tak jauh dari kaki Gunung Rinjani. Tetapi bila Anda Mau mengetahui budaya serta kehidupan suku Sasak lebih jauh, jadi tempat yang paling pas dikunjungi yaitu Dusun Sade.

dusun sade lombok, dusun sade rembitan, desa sade rembitan, desa sasak, suku sasak, wisata budaya di lombok, wisata lombok

Dusun Sade terdapat di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, seputar 30 km dari Kota Mataram. Orang-orang di dusun ini pilih meremehkan modernisasi dunia luar serta selalu melestarikan kebiasaan budaya mereka dari mulai bangunan rumah, kebiasaan istiadat, sampai kesenian berbentuk kerajinan tangan serta tarian yang sangatlah menarik untuk disaksikan.

Rumah-rumah di dusun ini terbuat dari bambu serta kayu dan atap berbahan ijuk serta jerami. Terkecuali bahan bangunan, benuk rumah-rumah ini dapat sangatlah unik. Dari luar, kita bisa lihat susunan atap yang berupa khas serta tinggi. Sisi dalamnya juga demikian. Tiap-tiap rumah di Dusun Sade ini cuma terbagi dalam 2 sisi, sisi depan untuk tempat terima tamu serta sisi belakang juga sebagai dapur yang posisinya lebih tinggi 2 anak tangga dari ruangan depan. Lantaran kehidupan orang-orang disini yang terus memakai langkah tradisional, jadi Anda akan tidak temukan pendingin hawa atau kompor didalam rumah. Mereka tetap masih memasak memakai kayu bakar di tungku yang terbuat dari tanah liat.
Terkecuali rumah, orang-orang dusun sade bikin lumbung padi yang juga khas didirikan dari empat tumpukan kayu serta sisi bawahnya di buat bale-bale juga sebagai tempat bercengkrama dengan warga yang lain.

Kesibukan masyarakat setempat juga terbilang masih tetap tradisional, golongan lelaki juga sebagai petani serta kaum hawa juga sebagai penenun. Hasil tenun ikat khas Lombok beberapa wanita-wanita ini bisa dibeli di Art Shop juga sebagai sinderamata wisatan yang ke Dusun Sade.
kesenian lombok, tarian khas lombok, dusun sade lombok, dusun sade rembitan, desa sade rembitan, desa sasak, suku sasak, wisata budaya di lombok, wisata lombok

Selain itu, kesenian serta kebiasaan budaya sasak masih tetap sangatlah kental di Dusun Sade. Walau budaya Sasak di pengaruhi Bali serta Jawa namun kombinasi budaya di Lombok adalah hal yang unik serta menarik untuk dilihat.

Salah satu tarian upacara yang paling populer yaitu Gendang Beleq. Gendang Beleq dimainkan oleh dua musisi memakai drum besar waktu bertemu dan batek baris yang
kesenian lombok, kesenian sasak, dusun sade lombok, dusun sade rembitan, desa sade rembitan, desa sasak, suku sasak, wisata budaya di lombok, wisata lombok
menghadirkan prosesi militer yang umumnya diselenggarakan di kota Lingsar. Tarian ini kenakan kostum tentara Hindia Belanda dengan senapan kayu.

Kesenian lain yang menarik untuk disaksikan yaitu Peresehan, suatu kebiasaan setempat berbentuk perkelahian pada dua pria memakai tongkat rotan panjang serta perisai berupa persegi kecil yang terbuat dari kulit sapi. Dulunya, perkelahian ini adalah suatu peperangan tetapi saat ini Peresehana dikerjakan cuma untuk menghibur wisatawan.

Untuk Anda yang tertarik bertandang ke Dusun Sade Lombok bisa pilih penginapan di daerah Kuta, yang populer dengan Pantainya yang Indah. Sebagian pilihan hotel salah satunya yaitu Novotel Lombok Hotel, Tastura Beach Resort, atau Kuta Indah Hotel.

No comments:

Post a Comment