Wednesday, July 29, 2015

5 Oleh-oleh Khas Lombok yang Tidak Bisa Dilewatkan

 Pulau lombok sekarang ini mulai banyak di kenal lantaran keindahan alamnya yang demikian menakjubkan serta mulai menyaingi tetangganya, Bali. Di antara sebagian obyek wisata Lombok yang populer yaitu Pantai Senggigi, Gunung Rinjani, Pulau Gili, serta ada banyak lagi. Lantaran keindahan alamnya itu, banyak beberapa wisatawan yang bertandang baik dari dalam negeri ataupun mancanegara. Terkecuali keindahan alamnya, kuliner Lombok yang khas serta penuh citarasa mempunyai daya tarik sendiri untuk beberapa turis.

Bila Anda salah satu orang yang bakal lakukan perjalanan wisata ke Lombok, jangan sempat Anda pulang dengan tangan kosong tanpa ada beli cindera mata atau oleh-oleh khas Lombok. Nah.. di bawah ini yaitu sebagian oleh-oleh khas Lombok yang sayang bila Anda terlewat.

1. Dodol Rumput Laut
oleh-oleh khas lombok, cindera mata, jajanan, oleh-oleh, souvenir, pulau lombok, wisata lombok,
Jajanan yang satu ini kelihatannya harus Anda cicipi serta dibawa pulang bila bertandang di Pulau Lombok. Tidak sama dengan dodol yang lain, dodol khas lombok ini terkecuali manis juga fresh waktu dikonsumsi. Dodol ini terbuat dari tepung rumput laut, gula, serta kombinasi buah-buahan fresh seperti mangga, nangka, sirsak, pisang, bahkan juga tomat juga ada. Dodol ini dapat Anda dapatkan di beberapa tempat seperti beberapa tempat wisata, kios-kios, supermarket, atau bila kelupaan, Anda dapat mencarinya di Bandara.



2. Mutiara Lombok
oleh-oleh khas lombok, cindera mata, jajanan, oleh-oleh, souvenir, pulau lombok, wisata lombok,
Mutiara Lombok telah sangatlah di kenal bahkan juga jadikan ikon nasional Pulau Lombok hingga jangan sempat Anda ketinggalan mengoleksi souvenir dari mutiara ini. Di Lombok, Anda dapat temukan beragam type serta kwalitas mutiara dengan harga yang berfariasi dari mulai beberapa ratus sampai jutaan per gr. Tetapi Anda tak perlu cemas kerena mutiara Lombok ini yaitu mutiara laut, bukanlah mutiara hasil budidaya air tawar.

Mutiara lombok dapat dengan gampang Anda dapatkan di butik-butik mutiara berkwalitas serta bersertifikat, beragam art shop, toko perhiasan, sampai di beberapa tempat wisata serta hotel.

3. Kain tenun Sasak
oleh-oleh khas lombok, cindera mata, jajanan, oleh-oleh, souvenir, pulau lombok, wisata lombok, trasional, langka, buatan tangan
Salah satu oleh-oleh khas Lombok yang lain yang pantas Anda pikirkan yaitu kain tenun sasak. Kain tenun sasak populer dengan sistem pembuatannya yang rumit serta mengonsumsi saat lama. Harga nya juga berfariasi, makin halus serta bagus motifnya, makin mahal juga harga nya. Bila Anda berkeinginan, Anda dapat bertandang ke sentra industri kain tenun Sukarara, Lombok Tengah. Tempat ini adalah sentra kain tenun yang pembuatannya masih tetap trasional, memakai tangan oleh orang-orang setempat.

4. Madu Sumbawa
oleh-oleh khas lombok, cindera mata, jajanan, oleh-oleh, souvenir, pulau lombok, wisata lombok, madu putih, berkhasiat
Pulau Sumbawa populer juga sebagai salah satu penghasil madu paling baik di Indonesia, serta madu sumbawa ini dapat Anda dapatkan dengan Gampang di Lombok. Ada dua type madu yang banyak di jual di Lombok yakni madu umum (berwarna kuning kecoklatan) serta madu putih atau madu kristal (beradal dari lebah yang hidup di batu karang-karang putih). Madu putih ini diakui dapat mengobati penyakit saraf, pencernaan, serta bagus untuk tulang.

Terkecuali ke-2 type madu itu, ada pula madu rempah yakni madu yang telah digabung dengan rempah-rempah khas lombok yang sangatlah baik untuk vitalitas, melegakan tenggorokan dsb. Anda dapat temukan beberapa jenis madu sumbawa ini di art shop atau di toko oleh-oleh khas Lombok.

5. Susu kuda liar
oleh-oleh khas lombok, cindera mata, jajanan, oleh-oleh, souvenir, pulau lombok, wisata lombok, sumbawa, bermanfaat,
Terkecuali madu, Pulau Sumbawa juga populer dengan produksi kuda liarnya. Susu ini telah di kenal dengan cara luas kerena khasiatnya tetapi tidak sering diketemukan ditempat lain lantaran produksinya yang sangatlah terbatas. Susu yang dihasilkan dari kuda-kuda yang hidup bebas berkeliaran di Pulau Sumbawa ini banyak terkandung probiotik alami serta bebas dari kandungan kimia hingga bisa menghimpit perkembangan bakteri jahat di pencernaan yang diduga bisa menyembuhkan beragam penyakit pencernaan seperti disentri, kolera, thypus, TBC bahkan juga leukimia serta tumor. Susu ini dapat juga melindungi stamina, kesehatan, dsb.

Terkecuali yang telah dijelaskan diatas, masih tetap ada pula oleh oleh khas lombok yang lain yang dapat beli seperti baju kaos Lombok, minyak gosok Sumbawa, telur asin khas lombok, dendeng rusa, kerupuk kaki ayam, kendi maling, serta ada banyak lagi.

No comments:

Post a Comment